Senin, 05 November 2012

Demo Mahasiswa



Demo adalah singkatan dari kata demonstrasi. Arti demonstrasi (kbbi daring) adalah pernyataan protes secara massal. Demo selalu identik dengan mahasiswa. Bicara mahasiswa tentu bicara tentang diri saya sendiri (saat tulisan ini ditulis). Kita ketahui bahwasanya mahasiswa selalu kritis dengan gejolak yang terjadi di masyarakat. Ketika ada kasus korupsi, maka ramai ramai mahasiswa dari gabungan universitas melalukan demo. Demo mahasiswa yang marak menuntut REFORMASI pada dasarnya adalah murni gerakan mahasiswa yang menyuarakan keinginan rakyat: keinginan agar negara dibangun kembali dan keinginan agar KKN dihabisi dan keainginan agar negeri ini bersih dari segala persekongkolan kejam dan jahat yang terbukti memelaratkan rakyat secara keseluruhan.

Penyebab demo mahasiswa antara lain, kurang puas dengan keputusan pemerintahan atas segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. Misalnya seperti kenaikan bbm, penetapan peraturan yang tidak sesuai dan lain-lain.

Ciri Khas Demo Mahasiswa
  • Demo dengan cara persuasif atau damai disebut petisi atau slogan;
  • Demo nonkoperatif atau chaos (kekerasan) disebut embargo atau boikot;
  • Demo yang bersifat intervensi tanpa kekerasan disebut mogok atau membuat peraturan atau lembaga tandingan.

Ciri-ciri Demo yang baik
  • Hal-hal yang perlu dalam demostrasi:
  • Manajemen lapangan atau sasaran yang dituju;
  • Setting Demo (damai. semi atau chaos/bentrok);
  • Perlengkapan (bendera, simbol, pengeras suara, dll).


Tanggapan yang diinginkan : agar suara mahasiswa didengar dan dipertimbangkan, agar tidak terjadi tindakan anarkis yang dapat merugikan masyarakat lain.

Solusi : 
  1. Ajak mahasiswa untuk berdiskusi
  2. Berikan mereka waktu untuk berpendapat

0 komentar:

Posting Komentar